Rabu, 21 Januari 2009

PERANGKAT MENGAJAR

PERANGKAT PEMBELAJARAN

NAMA INSTRUKTUR : NURHADI
PROGRAM KEAHLIAN : TEKNIK GAMBAR BANGUNAN
TAHUN PELAJARAN : 2008 / 2009

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN ( SMK ) NEGERI 3 TEGAL
Jl. Gajah mada No. 72 D Telp./ Fax. 0283 356081 Tegal 52113


========================================================
PEMERINTAH KOTA TEGAL
DINAS PENDIDIKAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN ( SMK ) NEGERI 3 TEGAL
Jl. Gajah mada No. 72 D Telp./ Fax. 0283 356081 Tegal 52113

RENCANA PELAKSANAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMK N 3 TEGAL
TAHUN DIKLAT 2008/2009

SATUAN PENDIDIKAN : SMK N 3 TEGAL
PROGRAM KEAHLIAN : TEKNIK GAMBAR BANGUNAN
MATA PELAJARAN : PDTB
KODE KOMPETENSI : 8BGN.GB
KELAS/SEMESTER : X / I


A. STANDAR KOMPETENSI
Memahami Ilmu Statika dan Tegangan

B. KOMPETENSI DASAR
1. Memahami besaranVektor, sistem satuan, dan hukum Newton.
2. Menerapkan besaran vektor untuk mempresentasikan gaya, momen, dan kopel.
3. Membuat diagram gaya normal, gaya lintang, momen, dan menerapkan teori keseimbangan.
4. Memahami dan menerapkan teori tegangan

C. INDIKATOR
1. Besaran skalar, besaran Vektor, sistem satuan, dan Hukum Newton dimengerti dengan benar.
2. Gaya, momen dan kopel dihitung dengan besaran Vektor secara benar.
3. Konsep kesetimbangan dimengerti dengan benar .
4. Diagram gaya normal, gaya lintang, dan momen dihitung dan digambar dengan benar.
5. Konsep tegangan dimengerti dan diterapkan dalam perhitungan dengan benar.

D. ALOKASI WAKTU : ……………x 45 menit

E. TUJUAN PEMBELAJARAN
a. Sikap
Teliti dan cermat dalam memahami Ilmu Statika dan Tegangan.
b. Pengetahuan
Siswa dapat :
1.Memahami Ilmu dasar statika .
2. Memahami besaran scalar dan besaran vector.
3. Memahami system satuan.
4. Memahami Hukum Newton.
5. Memahami konsep gaya.
6.Memahami momen dan kopel.
7. Memahami penjumlahan gaya.
8.Menerapkan besaran vector dalam mempresentasikan gaya, momen dan kopel.
9. Memahami kondisi keseimbangan.
10. Memahami diagram gaya normal, gaya lintang, dan momen.
11. Menerapkan kondisi keseimbangan dan diagram gaya normal, gaya lintang, dan momen dalam perhitungan konstruksi bangunan.
12. Memahami tegangan.
13. Memahami tegangan normal ( tarik, tekan, geser ).
14. Menentukan jenis tegangan pada konstruksi dan menghitung dengan cepat dan benar.

F. MATERI AJAR
- Pemahaman Besaran Skalar dan Besaran Vektor
- Pemahaman Sistem satuan
- Pemahaman Hukum Newto.
- Penerapan konsep gaya dan momen.
- Menyusun dan menguraikan gaya.
- Kopel dan momen kopel.
- Gaya Resultante.
- Kondisi kesetimbangan diagram gaya normal, gaya lintang, dan momen.
- Konsep tegangan normal ( tarik, tekan, geser ).

G. METODE PEMBELAJARAN
- Ceramah
- Observasi
- Tanya jawab
- Tes tertulis
- Penugasan


H. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Kegiatan Awal
· Masuk kelas dengan sikap yang meyakinkan dan berwibawa untuk memberikan kesan positip siswa.
· Mengucapkan salam dan memimpin doa.
b. Kegiatan Inti
· Apersepsi, penjelasan tentang besaran vector , system satuan, dan hukum Newton
· Penjelasan lingkup materi yang akan dipelajari.
b. Kegiatan Akhir
§ Kesimpulan dan mengerjakan soal-soal latihan.
§ Memimpin doa sebagai wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
I. SUMBER BELAJAR
· Buku mekanika teknik.
· Modul Ilmu Statika dan Tegangan.
· Alat peraga.
J. METODE PENILAIAN
· Tes tertulis
· rObservasi
· Pemberian tugas

SOAL :
1. eSebutkan pengertian dari
a. Statika Bangunan
b. Vektor
c. Momen gaya
2. Besar Resultante gaya pada gaya pada gambar dibawah ini :
3. Dua buah gaya setitik tangkap bekerja pada sebuah benda. Gaya pertama sebesar 12 N bekerja ke timur. Sedangkan gaya kedua sebesar 5 N bekerja ke utara. Resultante kedua gaya tersebut adalah....
4. Resultante kedua gaya yang searah dan segaris kerja adalah..........
5. Dua gaya F1 = 525 N dan F = 475 N bertitik tangkap sama tetapi berlawanan arah. Besar resultante kedua gaya adalah.......
Soal 2

1. P = 5 ton
A B

7 M 6 M


2. P=7ton
A 35° B
8 M 7,5 M


3. A P1=3T P2=4T B

4M 3M 4M

4.
P1=1T P2=2T P3=3T
A B
3M 3M 2M 3M

5.
q=3 t/m


A B




PEMERINTAH KOTA TEGAL
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) 3
Jalan Gajahmada No.72 D Telpon (0283) 356081
Tegal Kode Pos 52113

RENCANA PELAKSANAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMK N 3 TEGAL
TAHUN DIKLAT 2008/2009


SATUAN PENDIDIKAN : SMK N 3 TEGAL
PROGRAM KEAHLIAN : TEKNIK GAMBAR BANGUNAN
MATA PELAJARAN : PDTB
KODE KOMPETENSI : 8BGN.GB
KELAS/SEMESTER : X / II


A . STANDAR KOMPETENSI
Memahami Ilmu Statika dan Tegangan

B. KOMPETENSI DASAR
1. Memahami bagian-bagian bangunan gedung.
2. Menerapkan jenis pondasi yangn tepat untuk bangunan sesuai dengan jenis tanahnya.
3. Memahami macam pekerjaan batu bata dan menerapkan sesuai dengan kebutuhan dalam mendirikan bangunan.
4. Memahami dan menerapkan macam-macam sambungan kayu.
5. Memahami dan menerapkan penggunaan macam-macam konstrusi pintu dan jendela dari kayu dalam suatu bangunan.
6. Menganalisa konstruksi dan menentukan bentuk atap sesuai dengan bentuk denah atap.

C. INDIKATOR
1. Bagian-bagian bangunan gedung telah dimengerti .
2. Pemasangan papan bangunan serta menentukan jenis pondasi serta ukuran-ukurannya berdasarkan persyaratan teknis telah dimengerti.
3. Pengetahuan bata, konstruksi dinding bata, lengkungan, serta pertebalan dinding telah dimengerti.
4. Pengetahuan sambungan kayu memanjang, melebar, sudut-sudut pertemuan telah dimengerti.
5. Pengetahuan konstruksi pintu, jendela, dan detailnya telah dimengerti.
6. Konstruksi dan penentuan atap telah dimengerti.

D. ALOKASI WAKTU ……………x 45 menit

E. TUJUAN PEMBELAJARAN
a. Sikap
Teliti dan cermat dalam memahami Ilmu Statika dan Tegangan.
b. Pengetahuan
Siswa dapat :
1.Memahami pengertian dasar bangunan, fungsi pokok, bagian-bagian konstruksi, serta macam-macam jenis tanah.
2. Memahami cara pemasangan patok ( titik duga ), pengertian dan fungsi dari papan bangunan serta pelaksanaannya.
3. Memahami macam-macam dan jenis pondasi, penggunaan, serta ukuran pondasi, serta memilih jenis pondasi sesuai dengan jenis tanahnya.
4. Memahami macam-macam, ukuran , cara menghitung jumlah, bahan campuran, macam ikatan, konstruksi dan mengidentifikasikan penggunaan pasangan batu bata.
5. Memahami sifat-sifat kayu
6.Memahami macam-macan sambungan , serta mengidentifikasikan sambungan kayu sesuai dengan kebutuhan.
7.Memahami macam-macam konstruksi pintu, jendela sesuai dengan fungsinya.
8.Memahami perencanaan pintu dan jendela serta mengidentifikasikan sesuai dengan kebutuhan.
9. Memahami tentang bahan penutup atap, macam-macam bentuk atap serta mengidentifikasi bentuk atap,jenis kuda-kuda, dan konstruksi rangka atap sesuai bentuk denah bangunan.

F. MATERI AJAR
1. Pengertian dasar bangunan
2. Fungsi pokok bagian-bagian dari konstruksi bangunan.
3. Macam-macam tanah sesuai dengan pekerjaan pondasi.
4. Pengertian fungsi dan syarat pemasangan dari papan bangunan.
5. Macam-macam jenis, ukuran pondasi.
6. Pengenalan tentang batu bata, serta perhitungan jumlah bata tiap m3.
7. Macam-macam ikatan, konstruksi pasangan batu bata.
8. Sifat-safat, macam sambungan kayu.
9. Macam-macam konstruksi jendela, pintu dan perencanaannya.
10. Macam-macam konstruksi bentuk atap, jenis-jenis kuda-kuda dan konstruksi rangka atap.

G. METODE PEMBELAJARAN
- Ceramah
- Observasi
- Tanya jawab
- Tes tertulis
- Penugasan

H. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Kegiatan Awal
· Masuk kelas dengan sikap yang meyakinkan dan berwibawa untuk memberikan kesan positip siswa.
· Mengucapkan salam dan memimpin doa.
b. Kegiatan Inti
· Apersepsi, penjelasan tentang bagian-bagian bangunan gedung.
· Penjelasan lingkup materi yang akan dipelajari.

b. Kegiatan Akhir
§ Kesimpulan dan mengerjakan soal-soal latihan.
§ Memimpin doa sebagai wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
I. SUMBER BELAJAR
· Buku Ilmu Bangunan Gedung
· Modul Ilmu Bangunan gedung.
· Kunjungan Industri yang relevan.
· Buku kerja batu dan beton.
J. METODE PENILAIAN
· Tes tertulis
· rObservasi
· Pemberian tugas



PEMERINTAH KOTA TEGAL
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) 3
Jalan Gajahmada No.72 D Telpon (0283) 356081
Tegal Kode Pos 52113


RENCANA PELAKSANAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMK N 3 TEGAL
TAHUN DIKLAT 2008/2009


SATUAN PENDIDIKAN : SMK N 3 TEGAL
PROGRAM KEAHLIAN : TEKNIK GAMBAR BANGUNAN
MATA PELAJARAN : MENGGAMBAR TEKNIK II
KODE KOMPETENSI : 10BGN.GB
KELAS/SEMESTER : X / I


A. Standar Kompetensi :
Menggambar Garis Singgung Lingkaran.

B. Kompetensi Dasar :
- Melakukan persiapan pekerjaan menggambar garis singgung lingkaran
- Menggambar garis singgung melalui sebuah titik pada lingkaran
- Menggambar garis singgung melalui sebuah titik di luar lingkaran
- Membereskan pekerjaan

C. Indikator :
- Macam-macam bentuk geometri dan istilah dikenali dan dipahami
- Sebuah lingkaran dengan titik pusat (titik O) dan diameter yang telah ditentukan digambar
- Sebuah titik singgung (misalnya titik A) pada lingkaran di sembarang tempat ditentukan kemudian garis lurus ditarik dari titik O ke titik A
- Lingkaran pertama dengan titik pusat (titik O) dan diameter yang telah ditentukan digambar
- Sebuah titik (misalnya titik A) digambar di luar lingkaran dengan jarak yang ditentukan
- Titik O dan titik A dihubungkan dengan sebuah garis lurus sehingga membentuk garis OA
- Garis OA dibagi dua sama besar dengan oleh sebuah garis pada satu titik (titik C)
- Sebuah lingkaran digambar dengan jari-jari CO yang memotong lingkaran pertama di dua titik (misalnya titik D dan E)
- Titik D dan E masing-masing dihubungkan dengan titik A dengan sebuah garis lurus yang membentuk dua buah garis singgung lingkaran pertama
- Hasil gambar diperiksa kesesuaiannya dengan perintah

D. Alokasi Waktu : x 45 menit (1x pertemuan)

E. Tujuan Pembelajaran
- Siswa mengetahui dan memahami cara menggambar garis singgung lingkaran.
- Siswa dapat menggambar garis singgung lingkaran dengan baik dan benar.

F. Materi Pembelajaran
- Menggambar garis singgung lingkaran yang telah ditentukan diamater dan titik pusatnya melalui titik singgung yang telah ditentukan pada lingkaran dengan menggunakan peralatan dan perlengkapan gambar manual.
- Menggambar garis singgung lingkaran yang telah ditentukan diamater dan titik pusatnya melalui sebuah titik di luar lingkaran dengan menggunakan peralatan dan perlengkapan gambar manual.

G. Metode Pembelajaran
- Demonstrasi.
- Tanya jawab.
- Pemberian tugas.
- Tutorial.
H. Langkah-langkah Pembelajaran
a. Pertemuan Ke 1
Kegiatan Pendahuluan / Awal
- Berdo’a.
- Pembukaan.
- Memotivasi siswa

Kegiatan Inti
- Memperkenalkan gambar garis singgung lingkaran.
- Menjelaskan cara menggambar garis singgung lingkaran.
- Mengadakan tanya jawab.
- Memberikan tugas kepada siswa.
- Membimbing siswa menggambar garis singgung lingkaran.
Kegiatan Penutup / Akhir
- Menyampaikan hasil kerja siswa.
- Merapikan meja gambar beserta tempat duduknya.
- Membersihkan ruangan.
- Berdo’a.

I. Sumber Belajar
- Buku Petunjuk Menggambar Teknik.

J. Penilaian
a. Teknik penilaian : Pengamatan selama proses dan hasil kerja
b. Bentuk instrumen : Afektif, psikomotorik, kognitif.

Soal-soal :
1. Bagaimana menggambar garis singgung melalui sebuah titik pada lingkaran ?
2. Bagaimana menggambar garis singgung melalui sebuah titik diluar lingkaran ?
3. Gambarlah kedua jawaban diatas pada kertas gambar A.3, ukuran disesuaikan dengan kertas gambar.

Jawaban :
1. Sebuah lingkaran dengan titik pusat (titik O) dan diameter yang telah ditentukan digambar, Sebuah titik singgung (misalnya titik A) pada lingkaran di sembarang tempat ditentukan kemudian garis lurus ditarik dari titik O ke titik A, Dari titik A ditarik garis yang panjangnya sama dengan garis OA membentuk garis lurus (misalnya garis OB), Sebuah garis tegak lurus garis OB digambar melalui titik singgung A sehingga membentuk garis singgung lingkaran.
2. Lingkaran pertama dengan titik pusat (titik O) dan diameter yang telah ditentukan digambar, Sebuah titik (misalnya titik A) digambar di luar lingkaran dengan jarak yang ditentukan, Titik O dan titik A dihubungkan dengan sebuah garis lurus sehingga membentuk garis OA, Garis OA dibagi dua sama besar dengan oleh sebuah garis pada satu titik (titik C), Sebuah lingkaran digambar dengan jari-jari CO yang memotong lingkaran pertama di dua titik (misalnya titik D dan E), Titik D dan E masing-masing dihubungkan dengan titik A dengan sebuah garis lurus yang membentuk dua buah garis singgung lingkaran pertama.


c. Pedoman Penilaian :
Afektif : - Penggunaan alat Skor max. 20
- Kebersihan 10 - Waktu 10
Psikomotorik : - Garis 5 - Huruf/angka 20

Kognitif : - Proporsi 5
- Konstruksi 5
- Kelengkapan 10
- Detail 5
+
90

Tegal, Juli 2008
Guru Mapel



NURHADI

2 komentar:

ibaltc mengatakan...

thanks rpp-a, dah bs jd referen aq buat skripsi

alexander_taseseb mengatakan...

thanks om RPPx,bisa mnta conth silabusx g'?

Poskan Komentar